Selasa, 04 Februari 2020

Simulasi Rangkaian Listrik Menggunakan LTspice

TUJUAN PRAKTIKUM
Dapat memahami cara penggunaan ltspice pada simulasi rangkaian listrik .
Dapat menentukan besar tegangan,kuat arus,dan hambatan pada sebuah rangkaian.

Rangkaian listrik adalah sambungan dari bermacam-macam elemen listrik pasif seperti resistor, kapasitor,inductor,transformator,sumber tegangan,sumber arus,dan saklar. Rangkaian terdiri dari rangkaian seri, paralel, dan campuran. Untuk menentukan besar tegangan, kuat arus dan hambatan dapat ditentukan dengan hukum ohm. Hukum Ohm adalah suatu pernyataan bahwa besar arus listrik yang mengalir melalui sebuah penghantar selalu berbanding lurus dengan tegangan yang diterapkan kepadanya. Rumus hukum ohm
Keterangan:
V : Tegangan (Volt)
I : Kuat Arus (Ampere)
R : Hambatan (Ω)

LTSpice adalah perangkat lunak yang berbasis pada SPICE (Simulation Program With Integrated Circuit Emphasis) yang digunakan untuk simulasi rangkaian elektronik analog/digital yang dibuat oleh Linear Technology.

1. Laptop/PC
2. Software LTSpice
3. Soal Rangkaian Listrik

LANGKAH KERJA
 
1. Buka Laptop yang sudah terinstal software ltspice.

2. Kemudian buka software ltspice dan buat lembar kerja dengan cara menekan Ctrl+N atau dengan mengklik menu file pilih New schemantic.

3. Lalu gambar rangkaian listrik dengan menu dan tools yang sudah tersedia di software ltspice.

4. Kemudian klik menu run dan masuk ke dalam menu translent dan isi stop time nya 1m lalu klik OK.

5. Untuk mencari tegangan pada sebuah rangkaian maka dekatkan kursor pada sebuah rangkaian lalu akan muncul ikon yang berwarna merah lalu klik dan tahan ikon tersebut sampai ke titik rangkaian yang akan di hitung sampai ikon tersebut berwarna hitam. lalu hasil akan ditampilkan dalam bentuk gelombang.bentuk dari ikon untuk mencari tegangan.

6.Untuk menghitung kuat arus pada rangkaian maka bawa kursor ke rangkaian current sampai muncul ikon lalu klik maka nanti akan diketahui kuat arus dari rangkaian tersebut.hasil akan ditampilkan dalam bentuk gelombang. bentuk dari ikon untuk mencari kuat arus.Untuk menghitung R ekivalensi maka kita harus mencari tegangan rangkaian tersebut dengan cara diatas lalu akan muncul gelombang dan double klik pada gelombang V(n001) lalu klik kanan dan tambahkan dengan /-I(V1) agar I nya tidak menghasilkan nilai negative maka I diubah menjadi tanda negative. V(n001) /-I(V1) Maka klik OK maka akan muncul gelombang.

ANALISIS


1. Gambarlah rangkaian berikut dengan menggunakan ltspice dan tentukan R Ekivalennya!

2. Gambarlah rangkaian listrik berikut dan tentukan nilai arusnya!
3. Gambarlah rangkaian berikut dan tentukan besar tegangan V!


4. Gambarlah rangkaian berikut dan tentukan arus i nya!


5. Gambarlah rangkaian listrik berikut dan tentukan nilai V (tegangan) serta i (arus)!


JAWAB: 
No 1
 

Pada gambar rangkaian diatas dengan menggunakan LTspice dapat diketahui nilai R ekivalennya yaitu 75Ω dan gelombang garis pada gambar diatas menujukan pada garis di 75Ω.

No 2

Pada gambar rangkaian tersebut dapat diketahui nilai arusnya yaitu 1.5 A

No 3

Pada rangkaian tersebut dapat diketahui nilai dari kuat arusnya yaitu 1A dan total R nya 7Ω , dan tegangan nya sebesar 7V

No 4

Pada rangkaian diatas tegangan nya 1.5 V  , kuat arus 2 A , dan hambatannya 750mΩ  atau 0.75Ω

No 5

Pada soal nomor 5 ini agar dapat diketahui nilai i dan v maka harus menggunakan hukum kirchoff  ∑i=0 dapat dijabarkan seperti berikut :

V2-16+V2-3=0
3V2-48+2V2-72=0
5V2-120=0
V2=120=24V

Maka V :
V=V2-V1
V=24-16
V=8V

Untuk I :
I=11-12
I=3-V1
I=3-16
I=2A

Pada rangkaian diatas terdapat 2 sumber tegangan yang berbeda yaituV(n0011)= 16V dan V(n002)=24V karena ditanyakan nilai tegangan(V) maka

V= V(n002)-V(n001) V= (24-16)V
V= 8V

KESIMPULAN

Simulasi rangkaian listrik pada software ltspice dapat menentukan besar tegangan,kuat arus,dan hambatan pada sebuah rangkaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar