Jumat, 11 Maret 2022

Review : Jurnal Sistem Pakar Serta Rangkumannya

(Jurnal bahasa Indonesia)

Judul penelitian : Desain dan Implementasi Sistem Pakar untuk menentukan tipe Autisme pada anak usia 4-6 tahun dengan metode Forward Chaining

Nama jurnal : Jurnal Pseudocode, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Nama penulis : Yovi Apridiansyah , Nuri David Maria Veronika , Ria Oktarini

Tahun terbit : Volume IV Nomor 2, September 2017, ISSN 2355-5920

Rangkuman jurnal :

Sistem pakar dapat digunakan untuk membuat sebuah software untuk mendiagnosis tipe autisme pada anak usia 4-6 tahun berbasis web yang dapat berinteraksi seperti seorang pakar. Sistem ini dapat digunakan sebagai media konsultasi dan dapat memberikan solusi. Contoh lainnya, sistem pakar dapat di implementasikan untuk pembuatan sebuah kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung penasihat akademis yang sangat penting untuk kesejahteraan akademik siswa. Kecerdasan buatan (AI) ini tidak dimaksudkan untuk menghilangkan peran penasihat manusia (staf), melainkan memungkinkan siswa untuk berkonsentrasi pada isu-isu nyata yang berkaitan dengan pendaftaran kursus dan memberikan akses tak terbatas ke saran ahli. Dengan demikian, kehadiran kecerdasan buatan (AI) ini dapat mengurangi beban yang ditempatkan pada penasihat manusia.


(Jurnal bahasa Inggris)

Judul penelitian : Implementation of an Intelligent Course Advisory Expert System

Nama jurnal :  International Journal of Advanced Research in Artificial Intelligence,

Nama penulis : Olawande Daramola, Onyeka Emebo, Ibukun Afolabi, Charles Ayo

Tahun terbit : Vol. 3, No.5, 2014

Rangkuman jurnal :

Sebagai kontribusi, karya ini menawarkan demonstrasi penerapan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung nasihat akademis, yang sangat penting untuk kesejahteraan akademik siswa. CAES : Course Advisory Expert System (Penasihat Kursus Sistem Pakar) ini tidak dimaksudkan untuk menghilangkan peran penasihat manusia (staf), melainkan memungkinkan siswa untuk berkonsentrasi pada isu-isu nyata yang berkaitan dengan pendaftaran kursus dan memberikan akses tak terbatas ke saran ahli. Dengan demikian, kehadiran kecerdasan buatan (AI) ini dapat mengurangi beban yang ditempatkan pada penasihat manusia.


Referensi

Apridiansyah, Yovi. Maria Veronika, Nuri David. Oktarini, Ria (2017).  Desain dan Implementasi Sistem Pakar untuk menentukan tipe Autisme pada anak 4-6 tahun dengan metode Forward Chaining. Jurnal Pseudocode, 4, 2355-5920.

Daramola, Olawande. Emebo, Onyeka. Afolabi,  Ibukun. Ayo, Charles (2014). Implementation of an Intelligent Course Advisory Expert System. International Journal of Advanced Research in Artificial Intelligence, 5, 4.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar